Resep Bolu Pelangi Kukus (Rainbow Cake) yang Gampang Banget

Ada yang suka kue? Suka kue bolu, khususnya Bolu Pelangi alias Rainbow Cake? Nggak usah malu-malu tunjuk tangannya, sebab kue basah satu ini memang enak dan lezat sih!

Mau tahu cara membuatnya? Berikut salah satu resep sederhananya, yang ternyata gampang banget, bahkan anak remaja pun bisa melakukannya. Simak deh!

Bahan-bahan (untuk 1 loyang):

250 gram telur ayam / 4 butir
250 gram gula pasir (bisa dikurangi biar tak terlalu manis)
250 gram tepung terigu
1/2 gelas belimbing* air + 1 susu kental sachet (gelas yang dasarnya mirip belimbing)
1/2 gelas belimbing minyak goreng
1 sendok teh TBM (bahan tambahan/pengembang)
Pewarna makanan secukupnya (boleh 3, 4 atau 5 warna)

Cara membuat:

1. Aduk pakai Mixer: telur, gula, TBM, sampai kental putih berjejak.

2. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu (aduk balik). Setelah rata, tambahkan air susu dan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk.

3. Setelah rata semua, untuk pewarnaan, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Tergantung warna, bisa bagi tiga atau lima sesuai selera.

4. Siapkan loyang (ukuran 18×18 cukup ideal) yang telah diolesi mentega. Tuang 1 warna adonan terlebih dahulu, kemudian kukus (kurang lebih 1-2 menit). Keluarkan, lalu tuang adonan warna kedua, kukus lagi. Begitu seterusnya agar lapisan berwarna pelangi. Dan untuk adonan terakhir, kukus agak lama (bisa sekitar 10 menit).

5. Sedikit tips, kukuslah dengan penutup (dilapisi server/kain) agar air tidak menetes. Kemudian kukuslah dengan api kecil/sedang, supaya lapisan bolu nantinya tidak bergelombang.

6. Dan.. voila, jadilah Bolu Pelangi! Tinggal rapikan pinggirnya dengan cara dipotong, biar makin cantik. Plus, bisa juga kasih topping sesuai selera (mau butter cream, keju, atau cherry di atasnya).

Selamat mencoba!

Sumber & foto: Cookpad (resep Fitria)

Related posts

Leave a Reply