Baca Nih, Bule Saja Bisa Nawar Becak, Masa Kamu Enggak?

Ilustrasi becak di Jogja

Transportasi umum ada bermacam jenisnya. Ada yang resmi, yang dikelola organisasi atau lembaga pemerintah, atau yang swasta. Ada transportasi bermesin seperti mobil, motor, hingga pesawat; ada pula yang tanpa mesin dan tradisional, salah satunya becak.

Di Jakarta memang secara resmi becak sudah tidak diizinkan narik alias beroperasi. Kendati di beberapa sudut kota sebenarnya masih bisa ditemui dalam jumlah dan area operasi terbatas. Namun jika benar-benar ingin naik becak, beberapa kota atau daerah tujuan wisata masih menyediakan. Yogyakarta atau Jogja adalah salah satunya.

Naik becak atau moda tranportasi sejenis ini menarik, karena ada proses tawar-menawar untuk ongkosnya. Ya, kurang lebih sama-lah dengan bajaj atau ojek pangkalan di Jakarta. Masalahnya, tidak banyak orang yang jago, mampu, atau sekadar “berani” menawar.

Sehubungan aksi tawar-menawar ongkos tersebut, kisah satu ini menarik. Sebab, pelakunya (sang penawar) adalah seorang bule, wanita pula, yang konon bernama Madeleine Quirk. Pengalaman si bule menawar ongkos becak ini menarik, karena selain berbeda dengan gaya orang lain, sebagian pembaca di sini mungkin malah belum pernah mencobanya (nawar becak).

Jadi ceritanya, kata si bule asal Australia, saat itu dia jalan-jalan ke Yogyakarta. Di situlah dia kemudian coba menawar jasa becak, dengan modal sedikit bisa berbahasa Indonesia. Dia waktu itu katanya hendak naik becak bersama teman-temannya dari area depan Taman Sari.

Menurut Madeleine, waktu itu ungkapan andalannya adalah “astaga, terlalu mahal”, “turunkan harga”, atau “ongkosnya bisa lebih rendah?” Dia pun mengaku tak lupa menggunakan trik “acuh-tak-acuh” atau “berlalu seolah tak jadi” untuk menguatkan posisi tawarnya.

Menarik, jelas menarik sekali ceritanya. Coba ingat-ingat, Anda sendiri kira-kira apa pernah mencobanya? Kalau belum, ada baiknya Anda coba. Bule saja bisa, kenapa kita orang Indonesia malah nggak bisa, iya kan?

Oh ya, untuk kisah selengkapnya pengalaman sang bule tadi, bisa diikuti di link artikel Suara.com ini. Silakan langsung cek TKP ya mas bro, mbak bro! Tulisannya kayaknya langsung dibuat sendiri oleh si bule deh. Enjoy it!

Sumber: Suara.com. Foto: Antara

Related posts

Leave a Reply